IBX5A7FBEA04C5E2 Mag atau Usus Buntu ? Bingung cara membedakannya Langsung ke konten utama

Mag atau Usus Buntu ? Bingung cara membedakannya


Gejala penyakit mag dan usus buntu memiliki efek yang hampir sama. Sakit mag terkadang tiba-tiba muncul saat menjalankan aktivitas. Biasanya orang yang terserang penyakit mag adalah orang yang punya kebiasaan pola makan tidak teratur. Sementara penyakit usus buntu merupakan pembengkakan yang cukup menyakitkan dan menimbulkan infeksi pada usus. Usus buntu merupakan sebuah organ tubuh yang memiliki jaringan-jaringan kecil yang melekat pada usus besar. Usus buntu ini terletak di bagian kanan bawah perut.

Banyak penderita usus buntu yang menyangka dirinya hanya mengalami mag biasa. Pada akhirnya penyakit usus buntu yang diderita semakin parah karena tidak mendapatkan penanganan yang benar. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui perbedaan dari penyakit mag dan penyakit usus buntu dilihat dari gejalanya.
Gejala sakit mag
Gejala penyakit mag yang biasanya sering muncul pada seseorang adalah mengalami perut kembung. Perut kembung ini diakibatkan oleh lambung yang di dalamnya terdapat banyak gas. Selain itu, gejala lain yang mungkin muncul adalah:
1. Mual dan muntah.  
2. Perut terasa sering lapar.
3. Sering bersendawa. Hal ini terjadi akibat gas yang dihasilkan lambung.
4. Merasa sakit di bagian perut dan bagian dada.

Gejala usus buntu

Gejala sakit perut pada penyakit usus buntu memiliki ciri-ciri sakit perut dimulai pada daerah tengah atau sekitar pusar yang terasa hilang timbul, rasa sakit ini perlahan-lahan bergerak ke bagian perut kanan bawah perut dan cenderung fokus pada tempat di mana usus buntu berada. Sakit perut pada titik ini akan terasa semakin parah dan konstan, jika disentuh akan terasa sakit. Sakit perut akan semakin memburuk ketika batuk, bersin, mengambil nafas dalam, berjalan, atau gerakan tubuh lainnya yang menimbulkan penekanan pada perut kanan bawah. Gejala lainnya, antara lain:
1. Rasa mual ingin muntah, bahkan sampai muntah.
2. Kehilangan selera makan.
3. Mengalami diare, atau sebaliknya mengalami sembelit.
4. Demam yang diikuti dengan wajah memerah.
5. Perut kembung dan susah kentut.
6. Perut kanan bawah akan menjadi sakit saat ditekan, dan rasa sakit akan semakin terasa sesaat setelah tekanan dilepaskan.

Komentar